Mengenal Perbedaan Pajak dan Retribusi

Mengenal Perbedaan Pajak dan Retribusi

Perbedaan Pajak dan Retribusi
Mengenal Perbedaan Pajak dan Retribusi - Anda tahu mengenai pajak dan retribusi? Bagi Anda yang belum tahu, mari kita lihat apa itu pajak dan apa itu retribusi. Terkadang memang banyak orang yang masih bingung antara pajak dan retribusi. Banyak diantara mereka yang menganggap kedua hal ini adalah sama. Tapi ternyata kedua hal ini sangatlah berbeda. Kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan dari pajak dan retribusi. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya akan menambah pengetahuan dan pemahaman Anda mengenai pajak dan retribusi.

Perbedaan Pajak dan Retribusi:

Perbedaan pajak dan retribusi yang pertama yaitu terletak pada dasar hukumnya. Pajak telah diatur dengan undang-undang dan tertulis dengan jelas dalam undang-undang tersebut. 

Sedangkan untuk retribusi dasar hukumnya bersumber dari peraturan menteri, peraturan pemerintah, atau pejabat negara yang kedudukannya lebih rendah. 

Hal tersebut merupakan perbedaan antara pajak dan retribusi yang pertama yang dapat kami jelaskan untuk Anda. Masih ada beberapa perbedaan antara keduanya yang juga wajib Anda ketahui jika ingin memahami tentang pajak dan retribusi. 

Selanjutnya perbedaan pajak dan retribusi dapat dilihat dari balas jasanya. Balas jasa pajak yang bisanya kita membayar setiap tahunnya entah itu pajak bangunan ataupun kendaraan dan lain sebagainya, biasanya balas jasanya tidak langsung. 

Sedangkan untuk retribusi balas jasanya langsung serta nyata kepada orang yang membayarnya tersebut. 

Contoh retribusi misalnya adalah tiket masuk ke tempat-tempat wisata, parkir, dan lain sebagainya. Jadi, Anda sekarang ini tentu telah tahu perbedaan antara pajak dan juga retribusi secara langsung.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada objeknya. Jika pajak umumnya dikenakan pada seseorang untuk membayar apa yang dimilikinya seperti kekayaan, penghasilan, laba perusahaan, kendaraan, tanah dan lain sebagainya. 

Untuk retribusi sendiri objek yang dikenakan biaya atau orang yang harus membayar yaitu bukanlah seperti pajak melainkan orang-orang tertentu yang menggunakan jasa dari pemerintah. Perbedaan dari pajak dan retribusi selanjutnya dapat dilihat dari sifatnya. 

Pajak dapat dipaksakan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sifatnya wajib dibayar dan jika tidak akan mendapatkan denda. Sedangkan retribusi memiliki sifat dapat dipaksakan tapi paksaannya ini bisa bersifat ekonomis dimanahanya berlaku pada seseorang yang menggunakan jasa tersebut. 

Perbedaan pajak dan retribusi yang berikutnya dapat dilihat dari lembaga pemungutnya. Pajak biasanya memiliki lembaga pemungut pajak yaitu pemerintah pusat ataupun daerah. Sedangkan untuk retribusi memiliki lembaga pemungut retribusi berupa pemerintah daerah. 

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada tujuannya. Pajak diberikan untuk kesejahteraan umum sedangkan retribusi digunakan untuk kesejahteraan individu atau pribadi yang menggunakan jasa tersebut dengan membayar retribusi. 

#Kesimpulan:

Faktor yang membedakan Pajak Retribusi
Keputusan Keputusan atau undang-undang dari pemerintah pusat Keputusan dari pemerintah daerah
Ketetapan Pajak diatur dengan undang-undang Retribusi ditetapkan dengan peraturan daerah
Pihak pemungut Pemerintah pusat Pemerintah daerah
Sifat pemungut Wajib yang dapat dipaksakan Tidak wajib
Imbalan / Jasa Tidak mendapat imbalan/jasa secara langsung Mendapat imbalan jasa secara langsung
Pelakuan aturan Aturan pajak berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia Aturan retribusi berlaku untuk daerah
Sumber pendapatan Pajak merupakan sumber pendapatan pemerintah pusat Sumber pendapatan pemerintah daerah

Bagaimana? Sekarang Anda telah tahu bukan? Bagaimana perbedaan antara pajak dan juga retribusi. Semoga yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda dan juga menambah pengetahuan Anda, terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca juga:

Advertisement

You Might Also Like :

Buka Komentar